Defensif vs Open Minded

Beberapa hari yang lalu aku review salah satu novel. Jujur aja, baru kali ini ngereview novel. Sebelumnya pernah review sih tapi untuk tugas kuliah doang.

Jadi isenglah Aku review novel yang baru aja selesai dibaca. Jujur aja aku kurang sreg. (Liat posting sebelumnya). Aku tulis jujur, apa adanya yang emang aku rasain dan sesuai ma pikiranku saat itu. Abis selesai posting di blog, aku linklah ke twitter dan mention penulisnya biar baca. Tapi ternyata.... Dari tanggapan dia sama reviewku, dia kecewa (gak terima). Defensif dan tetep beranggapan bahwa apa yg dia tulis pasti disukai.

Tapi kok aku (kurang) suka ya? Apa itu salah? Apa aku harus pura-pura "wah novelmu keren banget, moodku campur aduk selesai baca, bikin yang tadinya nangis trus ketawa, bisa banget bikin dongeng ajaib gitu". Enggak kan?

Tapi kayaknya justru itu malah yang pengen dia denger dari pembaca. Bikin dia seneng dan bahagia novelnya diterima.
Postingku yang kemarin udah dianggap lewat... Gak penting juga cuma ada satu yang (kurang) suka.

Heeemm.... Kadang emang orang cuma denger apa yang pengen dia denger. Padahal kan dari aku nulis gitu kan, dia jadi tau, bahwa (mungkin) gak semua suka apa isi novelnya. Tapi yaaaaaa balik lagi deh, toh dia yang punya karya kan. Suka-suka dialah mau bikin cerita gimana, alur gimana. Emang gak mungkin banget buat nurutin semua keinginan pembaca. Tapi mbok yaa jangan (kelihatan) kecewa. Toh aku udah jujur.... Sedih nih. Sampe sekarang masih suka kepikiran, emang salah yaaa nulis gitu?

Misal aku yang bikin karya, terus ada yang komentar (kurang enak) gitu. Yaaa aku mending instropeksi. Oooh mungkin orang gak suka kalo ceritaku begini. Oooh menurut dia, ceritaku begini... Ini semua masalah selera aja sih. Jadi yaaa sorry kalo aku bukan tipe pembacamu kebanyakan. Aku bakal bilang bagus, sedih, terharu, kalo emang perasaan pas baca kayak gitu. Kalo enggak yaaa enggak.

Jangan terlalu defensiflah kalo nerima kritik. Kelihatan kecewa juga. Minimal makasih kek., pake senyum (  :)  ). Blas datar aja gitu tanggapannya. Heeem kesannya aku begooo banget gak suka sama novelnya disaat yang lain muja-muji.... Serius. Kesannya "loooo aneh banget sih bisa gak suka?" noh orang lain aja bisa suka, sampe dibaca berkali-kali". Lha? Aku kudu piyeee?

Yaaaa udah aaaaah... Moga dia heppy banyak yang suka dan nerima novelnya.. :)


Komentar