Membaca......

Setelah 2 bulan galau akademik yang bikin bosen dan jengah, kemaren proposal yang anggap saja tulisan “sampah” udah aku kumpul ke sekretariat jurusan buat dibaca ma koreksi oleh dosen pemimbing. Abis itu waktunya buat aku nyari hiburan. Salah satunya ke Toko buku. Sejujurnya, daripada diajak karaoke atau nonton film, kadang aku bisa nyaman dan betah lama-lama ditoko buku. Muter-muter dan rak satu ke rak yang lain meski gak tau mau nyari buku apa dan mungkin emang ga ada yang mau dibeli juga. Tapi gak tau yaaa, seneng aja. Atau ke Mall sekedar jalan-jalan aja sampe gempor. Pernah aku jalan-jalan dari laintai satu naik lantai 4 trus turun. Eh terus naik lain. Muter-muter gak jelas lah kalo orang bilang. Tapi aku suka. Aku nikmati semua. Liat-liat barang, pernak-pernik. Mungkin bagi orang lain terlihat membosankan Cuma berada dalam satu gedung. Tapi bagi aku itu adalah sedernaha yang bisa bikin aku seneng. Kenapa malah jadi ngelantur?

Well, kadang akhirnya aku beli salah satu novel yang happening banget di twiiter. Hahahaaaa dasar anak twitter. Ya gimana ya? Kaya udah jadi bagian dari hidupku juga si. Udah samalah kaya sms atau Line. Lha napa sekarang malah bahas twitter?

Okeey.. Aku suka baca novel itu sejak SD, dulu pertama kali baca novel itu Sheilla-nya Torey Hayden, trus baca Toto Chan. Menginjak bangku SMP tema bacaanku meningkat dari yang bacaan untuk anak-anak, aku baca novel teenlit. Karena waktu itu jumlah novel ga sebanyak sekarang dan yang paling bagus waktu itu novel-novel terbitan Gramedia. Jadi novel-novel yang menemaniku menjalani masa SMP adalah novel-novel dari Gramedia. Sampe-sampe banyak banget teman yang mau pinjem dan aku bikin buku khusus. Adakali 10 orang yang pinjem. Dan jujur aja kadang aku sendiri yang lupa. Atau pernah yaa novel ku ga dikembaliin. (Sedih). Iya lah. Dia udah aku tagih, aku mintaain terus tapi lupa dan sampe sekarang gak balik. Ya udahlah... toh sekarang, novel-novel yang ku punya juga ga kalah bagus. Jadi selama SMP tadi, aku udah baca bacaan yang harusnya buat anak SMA. Hahahahaa. Tapi gak apa juga sih. Setelah itu, aku SMA. Dan bacaanku pun udah males banget bacaan teenlit, karena masa itu, penerbit selain Gramedia udah mulai nerbitin buku juga. Kaya Gagas Media. Ga tau yaa saking udah banyak banget baca cerita kaya gitu jadi males. Dan aku akhirnya mulai baca bacaan yang berbobot. Seperti novel karya Andrea Hirata atau Dewi Lestari. Tetralogi Larkar Pelangi udah kubaca semua. Terus enam novel karya Dee juga udah ku baca, salah satu yang belum Cuma Partikel. Dan itu tebel banaget. Selain harganya yang lumayan mahal, aku juga males beli. Hahahaa. Jadi gitu, pas SMA bacaanku ku sedikit lebih tinggi. Hehehee. Trus kuliah. aku nerusin baca bacaan Dee. Tiga seri supernova udah ku baca. Lalu beli novel “dewasa” yang ga Cuma bercerita kisah cinta semu. Aku pengen cerita yang realistis. Taukan cerita cinta yang selalu happyending? Yang cinta doang. Aku butuh tau makna. Dan cara penggambara cinta yang lebih luas lebih dewasa.

Dari sekian banyak novel yang udah kubaca, Perahu Kertas-nya Dewi Lestari sama Kesatria Putri dan Bintang jatuh (KPJB) yang ga pernah bosan dibaca. Waktu baca KPBJ, rasanya semua pertanyaanku waktu itu terjawab. Kegalauanku waktu itu ada pencerahan. Logis dan ga berbelit-belit. Kata-kata Dee emang sedikit ilmiah. Tapi dia tidak pernah berlebihan atau terbuai dengan kata-kata. Selau pas. Dia bukan Andrea Hirata yang kadang emang ceritanya dibuat terlalu sastra yang kadang kata-katanya kurang membumi. Tapi tetap aja aku baca tertaloginya. Heheheee.

Dari sekian puluhan judul novel yang udah baca. Aku belajar banget kehidupan. Belajar banyak soal cinta. Dari yang sekedar gensi, malu, egois, aku tau dari novel. Emang aku gak pernah yang kata orang sebut saja “pacaran” tapi aku tau gimana masalah-masalahnya, cara menghadapi yang meskipun aku sama sekali ga pernah ngalamin dan merasakan sendiri, mungkin emang beda. Tapi setidaknya aku tau mana yang benar dan mana salah. Kalo dipikir emang aneh yaa? Diumur segini belum pernah sekalipun di”tembak” cowok? Aku yang terlalu cuek, dingin, kaku atau emang ga ada yang mau. Hahahaa. Mungkin emang belum waktunya aja. Ga usah dipaksaain juga. Malah jadi makin aneh kan yaa kalo ngelakuin itu “Cuma” atas dasar kata orang, Cuma gengsi??? Dan Cuma mengharap “status”??. Oh apalah itu arti status? Entahlah aku kadang juga bingung sama rahasia semesta. Berkali-kali jatuh cinta, tapi lagi-lagi emang bukan sama orang yang ”pas”, belum sama orang yang tepat. Hehehee.

Yaaa balik lagi, aku kalo apa-apa maunya serius. Totalitas itu perlu. Meskipun kadang nyakitin sih. Tapi yaaa itu tadi serius. Buang-buang waktu juga kalo masi mau main-main. Ya bukan berati langsung nikah juga. Semua butuh proses. Apalagi buat orang macam aku yang kurang stabil gini emosinya. Suka mood-moodan. Serius itu, tujuannya jelas. Kita mau apa gimana itu pasti. Yaaah namanya juga Melankolis yang sempurna dan Plegmatis, jadi apa-apa detail, terperinci. Urut. Gak heran kalo lebih suka hal-hal bersifat yang butuh teliti daripada harus ke lapangan. Dan lagi, aku kan orangnya aseli kaku abis. Apalagi kalo sama orang baru. Sumpah bakal malesin deh. Kecuali kalo minat kita sama dan suka sama hal-hal yang sama. Hahahaa jelas pada ilfil pas kesan pertama dong ya kalo aku kaku dan susah banget mencairkan suasana. Mungkin itu juga yang bikin aku kurang menarik. Well udah lah kadang ada titik dimana kita berhenti bertanya tetang suatu hal. Biarkan dia yang mengalir, mencari jawaban. Kuakui kadang aku heran juga gimana sih rasanya dicintai dan disukai orang? Yang begitu diperhatikan? Hahaa baru juga suruh berhenti nanya eh, malah mempertanyakan lagi. Labil sih emang.

Jadi inti dari segala cerita yang ngalor-ngidul ga jelas ini adalah... aku belajar banyak banget dari novel; tentang cinta, penghianatan, kehilangan, pengorbanan persahabatan, kesetian, ketulusan dan yang lain. Jadi jangan pernah berhenti membaca, sapa tau besok bisa jadi penulis? Atau bisa buka taman bacaan kecil-kecilan. Heheee.



Sekian ceritaku hari ini. Apa ceritamu?? 

Komentar