Around The World and Find Love

Beberapa hari yang lalu, mampir ke sebuah toko buku di salah satu Mal di Yogya. Kalo dipikir. Udah lumayan lama sih gak nongkrong di toko buku. Ngeliat buku berderet dengan bermacam judul yang menjual siap dibeli. Tapi ya ujungnya juga gak beli apa-apa. hehehe. Lagi gak niat nyari buku buat bacaan juga sih. Jadi cuma ngeliat ada buku baru apa.


Ternyata banyak buku baru. Dan sepertinya fenomena buku dengan tema cinta masih booming banget. Taruhan, 2-3 tahun kedepan itu buku atau novel (pasti) diangkat ke film.


Abis pulang, malah jadi kepikiran terus sama judul-judul yang ada. Sekarang lagi hits banget judul yang bawa-bawa kota di luar negeri. Gak cuma satu. Banyak! Love in Paris, Love in London, Love in Auckland, Love in Sydney, Love in Edinburgh, Love in Marrakech, Love in Adelaide, Winter in Tokyo, Autum in Paris, Summer in Seoul, Spring in London, London Love Story, dan masih banyak lagi. Sebenernya fenomena ini udah ada dari jaman masih SMP, jaman Ilana Tan sukses bikin 4 novel dengan tema 4 musim. Aku lupa udah baca yang mana. Ada juga Kana di Negeri Kiwi. *negeri Kiwi= New Zealand*


Sebenernya ceritanya gak jauh-jauh dari orang Indonesia yang kebetulan kuliah di sana, atau kerja, terus ketemu sama “cintanya”. Yaa sebagian ada yang ketemu sama orang Indonesia juga, ada lagi yang kepincut sama gantengnya cowok Korea. Tapi emang orang Indonesia kurang ganteng apa? Sampe harus ngadu ke Eiffel dulu, baru ketemu sama jodohnya? Biar makin sweet dan romantis ya. *uhuk*


Kalo dipikir kenapa yaa orang oh oke ralat, penulis itu suka banget pake unsur kota di luar negeri? Kenapa yaa gak bikin judul Rain in Yogyakarta? Atau Cloudy in Banyuwangi? Hahahaaa. Biar ada unsur Indonesia gitu... apa emang mereka pas nulis lagi luar negeri jadi ya cocok sama suasananya? Entah lah... Iya sih emang sekarang tiket pesawat buat jalan-jalan atau lebih gaul disebut traveling itu semakin mudah dan murah. Banyak agen tiket atau perjalanan yang nawarin promo gila-gilaan. Dan dalam waktu kurang dari sejam udah ludes! Jadi buat ke luar negeri sekarang gak cuma modal visa “pelajar” tapi melancong pun mudah. Soo  nulis dengan unsur luar negeri sebenernya hal yang wajar.


Semakin banyak novel yang bertema kayak gitu bikin males gak sih? Atau malah jadi banyak pilihan? Tapi apa iya, nyari Cinta aja harus sampe keliling dunia kaya film Jilbab Traveler? “Jadilah Ibnu Batutah, pejuang muslim pertama yang berkeliling dunia. Jadilah mata dan kaki Ayah untuk melihat indahnya dunia di luar sana. Temukanlah sesuatu yang kamu cari selama ini.” garis besar kutipan film tadi. Nyatanya, jodohnya malah ketemu di padang Savana Baluran di Banyuwangi, meski sama orang Korea. Heheee. Jauh-jauh keliling dunia, eh ketemunya juga di Banyuwangi. Yaaa gak papa sih, namanya juga mencari kan yaaaa.


Oke balik lagi ke topik. Kira-kira tujuan penulis buat nulis dengan unsur luar negeri itu selain buat ngajak orang ke luar negeri itu apa yaa? Apa buat mencari cinta di luar negeri? Apa iya, kalo dinegeri sendiri gak nemu cinta? Bukannya tinggal nelpon Mbak Dian Sastro aja ya? Heheee gak lucu ya? Emang gak niat ngelucu kok. Kenapa enggak ngajak orang buat keliling Indonesia dengan nulis yang ada unsur Indonesianya aja ya?


Emang kalo bawa nama Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang kurang romantis ya? Lebih romantis drama dibawah London Eye mungkin? Heeemm.


Sejujurnya, aku udah rada bosen dan males baca novel romansa gitu. Cuma bikin terus bermimpi ketemu “cinta” di stasiun, di pasar, atau di tempat-tempat yang gak disengaja. Nyatanya yaa gak ketemu-ketemu juga. Humf! (sorry rada curhat)


Kalo misal dikasih syarat untuk nemu cinta dan berjodoh harus keliling dunia kira-kira kamu mau gak? Hahaaaa. Kalo bisa “dipastikan” dia ada disalah satu kota di luar negeri sana sih mau-mau aja. Tapi lebih enak sih, pas keliling dunia sama jodohnya, sama muhrimnya. Aseeeek.


Ini napa malah jadi melebar kemana-mana sih. Dari ngomongin buku, kota di luar negeri, sampe masalah jodoh. Waaaaah emang udah waktunya saya nyari jodoh kayaknya. Heheheee. Udah waktunya ngasih emak mantu. *upppsss.
(nyari kerja dulu kali geeeee)  #digetok


Jadi siapa pun nanti jodoh saya semoga saya gak harus nyari jauh-jauh ke London, Paris, Sydney, Korea, Jepang. Tapi kalo semisal pas lagi jalan-jalan kesana terus ketemu lain cerita sih yaa. Bukan... bukan pengen nyari orang bule atau orang asing, tetep nyari yang warga Indonesia kok. Hahahaaaa sepertinya saya udah mulai halu..







Karena dirasa tulisan saya semakin mulai ngelantur bin ngawur, ya mari dicukupkan sekian dan terimakasih. Muaaaaah.





Komentar