Jodoh

Suatu ketika, ada seorang teman yang bercerita jika dia sangat mengidolakan Mario Teguh. Bahkan kata-katanya selalu menginspirasi. Well, buat saya, saya sama sekali gak mempan sama motivasinya beliau (sorry to say). Teman saya cerita kalo dia sangat tertarik dengan salah satu quote “bahwa cinta harus dicari, diperjuangkan?” oke. Gini. Sekarang kalo saya balik nanya, “kemana cinta harus saya cari?” ke Depok? Ke Bekasi? Ke Jakarta??? KEMANA????? KEMANAAAAAA? (napa malah jadi nyanyi lagu Ayu Ting Ting yaa?).

Buat saya pribadi yang udah baca beberapa buku tentang jodoh, bahwa sebenarnya jodoh itu tak perlu dicari. Oh apa lantas kita hanya diam saja dirumah gak ngapa-ngapain? Ongkang-ongkang kaki berharap si Cinta datang? GAK GITU JUGA. Gak usah nyari? Gini, menurut saya, mencari cinta yang hakiki itu ya ke Tuhan. Udah. Titik. Simpel. Mudah, murah banget. Semakin kita mencari Cinta-Nya, InsyaAllah, jodoh akan datang atas petunjuknya. Ngerti kan sampai sini. Kalo kita sendiri belum nemu yaaa mungkin cara kita nyari Cinta-Nya yang belum tulus, belum khusuk, belum istiqamah, belum ikhlas.

Jadi buat kamu-kamu yang percaya kalo cinta harus dicari, yaaaa selamat mencari kali aja nemu dikolong tempat tidur? Eh maksudnya kolong jembatan. Eh salah lagi. Terserah nyari dimana. Mau nyari sampe Inggris juga monngo, sampe Jerman juga silakan.
Aseeeliiii suka gemes sama yang ngomong, “cinta harus dicari”. 



“Oke dimana?????? Dimana woy!” kalo detik ini saya bisa ngomong sama Tuhan, dan nanya begitu, dan dijawab, oh langsung deh dateng ketempat si Cinta si Jodoh. PUAS?  Emang gampang nyari hah? GAMPANG??? Okee sekarang saya minta bawakan jodoh saya. Pelisssss. *nahlooo* bisa gaak? Bisaaa gak? *eh dia malah kabur*. Udah ngerti kan? Sooo pelis mikir lagi deh buat ngomong itu.  

Oh iya, buat saya movitasi Mario Teguh itu klise! Gak ngefek blas. (sorry). Semenit okelah. Abis itu lupa. Kenapa saya bisa mikir kaya tadi? Karena saya follow Falla. Iya dia  bukan siapa-siapa. Kenalpun enggak. Tapiiii. Tapiiii. Sejak follow dia, pikiran saya berubah. Apapun. Yang tadinya galau soal jodoh, abis ngikutin twitter dia, saya jadi percaya bahwa Cinta, Jodoh itu udah ada yang ngatur. Tinggal kita yang semakin deket sama yang maha ngatur. Kita cuma butuh YAKIN dan PERCAYA. Udah. 

Buat yang udah nyari, udah kenal sama ini-itu dan kawan-kawan, tapi belum juga menemukan, yaaa mungkin selama ini makna cinta kalian beda. Cinta kalian masih diliputi egois. Cinta adalah dirinya yang membuka jaket di saat udara dingin untuk menyelimutiku." Atau "Cinta adalah dirinya yang menahan lapar berbulan-bulan untuk membelikanku kado ulang tahun." Atau "Cinta adalah dia yang menyempatkan untuk bertemu ketika sedang lelah-lelahnya.
Itu bukan cinta yang dewasa. Maksudnya cinta dewasa adalah yang gak banyak drama.
“Cinta itu bukan sekedar pengorbanan tentang hujan dan menerobosnya. Tentang dingin dan jaketnya. Bukan pula tentang dia yang menggunakan tenaga terakhirnya untuk menemani manjamu. Cinta jauh lebih dari itu. Lalu, pabila ada seseorang yang tak mau menerobos hujan karena ia menjaga kesehatannya supaya bisa terus menjagamu, apa ia bisa dibilang tak cinta?



Cintailah ia tanpa drama.
Apa adanya.” –Falla-

Apakah masih disebut jodoh jika pada akhirnya berpisah? Yaaa mungkin takdir jodohnya cuma sama disitu. Jodoh itu kalo hal-hal yang kalian rencanakan bersama tercapai. Lancar proses Akad dan sebagainya. Itu adalah jodoh. Perkara nanti ditengah jalah pisah, yaaaa mungkin udah saatnya. Takdirnya gitu. Gak usah mikirin yang nanti-nanti. Berdoa aja rencana kalian selalu diberi kelancaran. Uwes. Titik. Gak usah mikir kejauhan. Mikir aja yang sekarang. Mikir patok apa yang akan ditancap. Patok-patok apa yang belum? 

Oh iya satu lagi. Buat saya, Taaruf emang baik. Tapi. Saya gak bisa kalo hanya kenal 3 bulan lalu memutuskan menikah. Gak bisa. Saya INTROVERT. Butuh kedalaman yang ekstra untuk memahami. Gak mungkin cuma  3 bulan. Apa lantas pacaran? Jadian? Tiap hari bilang love you? Saya malah eneg. Biasa aja. Ibarat kita ini bersahabat. Jalan bareng, ngobrol bareng. Diskusi bareng. Ketemuan tiap hari? Gak perlu. Mungkin cuma sebulan sekali udah cukup. Kalo terjadi hal-hal yang......

Sekarang gini yaaaa, saya jelasin. Kalo dia emang pria baik-baik, dia gak akan nyakitin kamu. Dia gak akan aneh-aneh. Itu dia emang serius. Dia beneran jaga (calon) pendampingnya. Gak perlu juga drama pegangan tangan, pelukan, cium tangan dan bla... blaaaa.. blaaaa.. Biasa ajaaaaaa. Anggap kalian gak pacaran. Tapi sahabat. Mencari sahabat HIDUP. Seorang sahabat gak akan nyakitin sahabatnya kan?

Saya punya seabrek masa lalu, saya punya sekian masalah, dan gak yakin 3 bulan cukup buat diceritan. “Yaa tapi kan nanti bisa setelah menikah”. Oooh jadi beli kucing dalam karung? Oohh jadi harus terkaget-kaget dengan sikapnya? Kaget dengan hobby? Dengan karakternya? Pas Taaruf sih alim, soleh, pas udah nikah baru tau dia suka main tangan? (masih inget film Perempuan Berkalung Sorban kan?) Nah loo. Saya mah ogah.

Jujur, buat saya GAK MUDAH dekat dengan orang baru. Teman saya gak banyak. Butuh waktu lama untuk mau bertahan.

Biarkan orang lain mau ngomong apa. Tutup kuping. Sekarang, mulai perbaiki diri, memantaskan diri. Pantas gak kamu jadi istri? Pantas gak jadi ibu? PANTAS? Selamat. Selamat. SELAMAT.

Kalo belum yaaa wes dekatkan diri dengan Maha Cinta. Mencari Cinta-Nya yang mudah dan murah. Dan kita hanya bisa PERCAYA.






Sekian ceramah Mamah Dedeh. Hahahaaaaa. Buat yang meng-amin-i silakan, buat yang gak setuju yaaa monggo. 

Komentar