Di mana...

Gak lama lagi pertanyaan ini akan muncul. Setelah berjibaku selama kurang lebih 4,5 tahun dengan kerasnya jadi mahasiwa, yang berakhir dengan pertanyaan kapan. Kali ini akan berganti dengan di mana?

Di mana? Saya pun gak tau, dan saya pun sampai tulisan ini dibuat belum punya jawaban. Kenapa? Karena saya tidak kemana-mana. Jika yang lain, setelah menyandang sarjana lalu pergi ke hutan rimba “Jakarta”. Saya masih di sini.

Sejujurnya setelah prosesi itu. saya gak tau masa depan saya mau dibawa kemana. Mau ngapain. Hingga disatu titik saya berpikir. Apa sih guna saya di dunia ini? apa sih tugas saya? Dan ribuan pertanyaan lain yang tak terjawab.

“gak nyari pekerjaan?” entah udah berapa kali jawaban ini muncul jika bertemu dengan teman, atau sesama alumni. Saya jawab “enggak”. Kenapa? Karena saya mungkin gak siap. Pekerjaan apa sih yang saya mau? Perkerjaan apa sih yang cocok sama saya yang begini? Dan lagi apa saya siap harus gagal lagi, lagi dan lagi dalam mencari pekerjaan yang tertimbun dalam jerami layaknya nyari jarum? Jujur saya gak siap. Saya takut gagal. Naif dan cemen ya? Kerana saya orang yang pesimis. Rasa optimis saya selalu kalah jika berhadapan dengan gagal dan akhirnya menyerah. Saya bisa nangis berhari-hari jika saya kecewa, dan sering merutuki diri. Butuh waktu lama untuk kembali bangkit dan semangat. Kekanakl-kanakan ya? Emang.

“lah terus kamu gak kerja? Mau sampe kapan bergantung sama orang tua?” saya jawab, “gak tau”. Iya saya akan kerja, tapi mungkin tidak dalam waktu dekat. Kenapa? Yaaa itu tadi alasannya. Dan selama ini ibu saya tidak pernah mendesak saya untuk mencari kerja. Beliau malah menyarankan saya mencari kursus, pelatihan, kalo perlu sekolah lagi. Biar saya punya banyak bekal tidak hanya teori. Lagian, apasih yang bisa dibanggakan dari seorang mahasiswa yang pinter juga enggak, aktif organisasi enggak, aktif kegitan enggak begini.... huh.

“kerja sesuai passion kamu”. Heloooooow!! Kalo saya tau passion saya apa. Saya gak mungkin nulis ini. saya gak mungkin galau. Passion saya aja gak tau. Nulis? Iya sih saya lebih sering menuliskan ide lewat tulisan dibanding harus cuap-cuap. Masa iya nulis? Menulis blog, cerita, cerpen hanya sebagai hobby. Saya masi ragu kalo itu passion saya. Apalagi tipe saya yang mood-moodan. Kadang bisa rajin banget.... kadang males pol polan. Jadi gak ada yang bener-bener bisa 100% suka. Kadang malah bosen nulis.

Bikin prakarya? Suka sih, tapi apa iya bisa disebut passion? “masa anak komunikasi ujung-ujungnya bikin prakarya? Bikin origami? Bikin Srcapbook?” Hih.. DIAAAAAAAAAM. Pengen rasanya nyumpel mulut orang yang asal njeplak ngomong gitu. Kalian pikir jadi anak komunikasi harus (banget) jadi jurnalis? Wartawan? PR? Humas? Penyiar? Kalo dari lahir saya udah tau bakal jadi penyiar, mungkin malah gak kuliah di komunikasi. Kuliah yang sekiranya mendukung kerjaan menyiar saya. Bukan begitu?

Setidaknya ibu saya (pernah) menjanjikan akan mengenalkan seorang di perusahaan media tertentu jika kalo saya berniat melamar kerja atau magang. Yaa saya harus punya keterampilan lebih. Karena minim pengalaman & organisasi begini, yaaa (mungkin) rada sulit dilirik. Mau gak mau sekolah lagi, kursus lagi, jadi alternatif. Selagi masih ada yang bersedia membiayai dan mendukung, saya sih hanya bisa mengucap terimakasih.

Pernah juga ada menyarankan saya untuk mencari pengalaman di Jakarta sana. Karena sebagai orang daerah agar bisa bersaing berhadapan dengan kerasnya Jakarta. Dan dia tidak menyarankan untuk sekolah lagi, kecuali jika berminat jadi dosen. Well, saya cuma bisa menjawab “iyaaa heheee”. saya gak tau mau jawab apalagi. Kalo di Jakarta pekerjaan saya jelas, mudah diterima, yaaa gak mungkin tulisan ini ada.

Yaaa selama masih menjadi *Pengacara saya memilih menikmati keseloan, kebosanan, kegabutan yang rasanya sudah bikin berlumut. Saya bisa mengisi dengan nulis blog, membaca novel yang belum sempat terbaca, mengkliping koran, menyapu, mengepak baju yang tak terpakai, mengepak kertas bekas tugas kuliah, mengepak buku yang sudah tidak diminati. Yaaa pada akhirnya saya hanya bisa menikmati, tanpa perlu mengeluh, terburu-buru melamar kerja yang asal “dapet kerja”.

Setidaknya saya sudah punya jawaban jika nanti saat Lebaran tiba akan muncul pertanyan “dimana”


Apakah kamu sudah menyiapkan jawaban saat Lebaran nanti?





*Pengacara : penggangguran banyak acara

Komentar