Society's Judgment

Dulu ku punya sahabat. Terakhir aku liat twitternya isi tweet dia itu tentang doa dan segala harapan dia. Bahkan relosusinya pun dia tulis di blog. Aku bukannya sirik, atau iri, tapi apa pantas hal kaya gitu diumbar di Sosmed? Bukankah akan lebih syahdu yang tau hanya kita dan Tuhan? Jadi orang lain memang tak perlu tau apa doa kita kan? Sejak saat itu akun twitternya aku Mute dari aplikasi twitter di HP. Gak ada gunanya aku baca apa yang dia tweet.  

Dulu, sebelum aku sadar, aku ngetwet apapun. Yaa kesel, yaa seneng. Pokoknya aku tweet aja. Sampe yaa itu aku kena yang namanya society's judgment. Di nasehatin ini itulah, dibilang ini itulah sampe aku “sedih”. Sampe aku mbatin, “lo gak tau kan seberapa besar usaha gw?” nah itu orang lain ga perlu tau dan kebanyakan emang ga mau tau usaha kita, yang ada cuma “lulus, lolos, dan berhasil”.

ini salah satu isi mention yang cukup bikin ngelus dada


Lalu kemudian akhirnya aku sadar. Bahwa gak semua orang perlu tau kaya apa perjuangan kita. kemarin 2 orang temen bilang kalo masalah apapun yang kamu hadapi pas skripsi, prosesnya, atau hal apa aja yang dialami ga perlu ditweet di Sosmed, sama kaya kita ibadah, ga perlu taulah. Cukup di BBM dan Line aja kita mau ngeluh, karena lebih personal dan terbatas yang bakal baca. Dan di Line kita bisa milih sapa aja yang bisa baca status kita. lalu pagi ini karena Falla Adinda yang emang bukan siapa-siapa tapi udah jadi inspirasi ribuan follower aku nemu salah satu blog yang isinya :


“Ada baiknya kita ga ekspos proses kita sepengen apa kita sama sesuatu di sosial media. Cukup banget bilang "iya nih,doain yaa" ketika ditanya.. itu pun gak usah di sosmed. cukup sama orang-orang sekitar? Kenapa? social judgement, and yeah.. society judging and always. Nyokap gue selalu nasihatin gue ketika tau anaknya udah kenal sosmed,gausah ekspos proses dan kebahagiaan dan kegagalan kamu. Cukup bersyukur aja. Karena orang-orang bakal ngecap kamu sombong kalau kamu berhasil dan looser ketika kamu gagal. Apalagi dengan usaha kamu yang diekspos. Biasa aja jadi orang tuh. Menulis untuk menuangkan hasrat apa saja yang ingin ditulis. Toh,emang kalian tau seberapa banyak draft tulisan kita di laptop? :p Ga semua kehidupan kita ekspos,tentunya. Tapi beberapa perlu ditulis dan dipublish hanya untuk ditulis dan dipublish. Itu aja (ya,beberapa nyari duit karena emang profesinya penulis).
We can't stop the society's judgment Kita cuma bisa,tidak terlalu mengekspos proses yang kita lalui. And please, people... percayalah,kita sedang berusaha.” Dari Blognya "Ufi Han".


Jujur aja ini “ngena banget”.  Pas.. pass banget sama yang aku alami :”). Makasih buat semesta yang dengan ajaibnya bikin aku sadar, bikin lebih banyak bersyukur... makasih udah mau nulis dan berbagi. Banyak banget hal setelah aku follow Falla itu itu aku tersadar akan banyak hal. Banyaaaaaak banget. Aku gak bisa cerita itu apa aja, kalo kalian mau tau, yaa followlah Falla ini :) . Kalo perlu baca juga semua isi blognya, atau scroll TLnya ampe jebol. Heheeee “pissss”.

Sekian, dan teruslah menulis :) 


Komentar